Workshop Pembelajaran IPA Terpadu

Bertempat di Gedung Setda Kabupaten Kendal, pada hari Rabu, 29 Juli 2009, diadakan workshop pembelajaran IPA terpadu. Kegiatan ini diprakarsai oleh Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Kendal Seksi SMP, dan didanai dari hadiah Widyakrama dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Kendal sebesar 500 juta rupiah, yang salah satu penggunaannya adalah untuk kegiatan ini.

Pelatihan dihadiri oleh 40 guru IPA SMP di Kabupaten Kendal. Tujuan kegiatan ini adalah pembelajaran IPA yang terpadu. Selama ini pembelajaran IPA dilaksanakan secara terpisah, yaitu Fisika, Biologi maupun Kimia. Akan tetapi, untuk pendidikan dasar, sebenarnya seperti di SD, mata pelajarannya adalah IPA secara terpadu.  Dalam kegiatan ini, peserta workshop melakukan analisa terhadap silabus IPA, untuk mencari kompetensi dasar dalam satu tingkat kelas yang memungkinkan untuk dipadukan.

Memang banyak sekulitan yang dialami, karena tidak semua materi dapat dipadukan. Hanya beberapa kompetensi dasar yang bisa dipadukan. Bahkan untuk kelas 9, peserta kesulitan untuk mendapatkan KD yang bisa dipadukan. Pemaduan materi fisika, biologi maupun kimia memang tidak dapat dipaksakan untuk dipadukan. Dengan pemaduan ini juga diharapkan materi pelajaran dapat diajarkan secara mendalam dan tidak ada materi yang diulang.

Tindak lanjut dari kegiatan ini diharapkan adanya sosialisasi kepada guru-guru lain yang belum mengikuti workshop agar dapat memahami tentang IPA terpadu, dan paling tidak dapat melaksanakan setidaknya satu materi pada tiap kelasnya untuk diajarkan secara terpadu.

Tentang mgmpipakendal

Wadah bergabungnya guru-guru IPA SMP se Kabupaten Kendal
Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s