ToT Guru Pemandu MGMP SMP in service 2

DSC00014

Peningkatan mutu pendidikan terus menerus diupayakan oleh Depdiknas melalui berbagai program yang dilaksanakan. Salah satu prioritas Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah pemberian dana langsung (blockgrant) peningkatan mutu pendidik melalui Pemberdayaan MGMP.

DSC00015

Bantuan langsung tersebut digunakan untuk mengadakan pelatihan di tingkat kabupaten/kota dengan narasumber adalah guru pemandu yang telah mendapatkan pelatihan di tingkat propinsi melalui ToT guru pemandu. Para guru pemandu diharapkan dapat menularkan pengetahuan yang diperolehnya selama mengikuti ToT kepada guru guru di daerahnya masing-masing.

Hanya saja, yang aneh pada ToT guru pemandu in service 2 ini adalah, kegiatan dilaksanakan justru setelah kegiatan pemberdayaan selesai dilakukan. Kegiatan di tingkat kabupaten/kota memang harus segera dilaksanakan karena waktu penyusunan SPJ sudah ditentukan. Pada kegiatan sebelumnya, guru pemandu mengikuti ToT terlebih dahulu baru melakukan penularan di daerahnya, sekarang, menularkan dulu baru mengikuti ToT.  Entah apa yang menjadi landasan sehingga pelaksanaan ToT setelah kegiatan di daerah selesai dilaksanakan.

ToT yang dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 17 sampai 20 November 2009 dengan nara sumber widyaiswara LPMP Jawa Tengah dan staf pengajar LPTK di LPMP Jawatengah kali ini memberikan banyak materi menarik yang belum diberikan pada ToT sebelumnya. Sebagai contoh pendalaman materi oleh dosen-dosen Unnes jurusan Fisika, Biologi dan Kimia. Dijelaskan secara gamblang bagaimana penyelesaian soal-soal setingkat olimpiade sains dengan pendekatan pengetahuan SMP. Juga penilaian HOTS yang merupakan materi tentang penilaian yang mungkin masih sangat baru.

Memang pemberdayaan di daerah sudah berlalu untuk tahun ini, tetapi, dari para guru pemandu tentunya merupakan pengetahuan yang sangat bermanfaat karena dapat juga ditularkan kepada sesama guru IPA pada waktu dan kesempatan yang lain.

Catatan:

Guru pemandu dari kabupaten Kendal terlambat mengikuti pelatihan karena terlambatnya surat tugas dari Dinas Dikpora Kab, Kendal. Sehingga untuk pendalaman materi IPA fisika hanya kebagian setengah main saja. Sungguh menyesal mengapa  harus pakai terlambat. semoga tidak terjadi di kemudian hari..

Tentang mgmpipakendal

Wadah bergabungnya guru-guru IPA SMP se Kabupaten Kendal
Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s