Pelatihan Peningkatan Mutu Guru UN SMP Kab. Kendal

MGMP IPA Kabupaten Kendal, mulai hari Sabtu tanggal 29 Oktober 2011, mengadakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu Guru UN SMP untuk mata pelajaran IPA, bagi 20 sekolah SMP baik negeri maupun swasta, dengan nilai UN tahun 2011 rendah. Kegaitan dilaksanakan mulai jam 08.00 sampai jam 16.00 bertempat di laboratorium IPA SMP 2 Kendal Jl. Sukarno Hatta Kendal. Kegiatan pelatihan ini direncanakan dilaksanakan selama 5 kali pertemuan.

Sebagai narasumber pada pertemuan pertama sesi pertama adalah bapak Dr. Suharto Linuwih, M.Si, dosen UNNES Semarang. Tema yang diangkat adalah pembelajaran kontekstual. Guru diharapkan dalam mengajar, materi yang diajarkan telah betul-betul dikuasai, dan telah dilakukan percobaan mandiri. Hal ini penting, agar tidak terjadi kesalahan konsep dalam pengajaran.

Pada sesi kedua, materi pemanfaatan peralatan laboratorium disampaikan oleh narasumber ibu Rida Nuryati, S.Pd dari SMP 2 Kaliwungu Kendal, dan Bp. Jaitoe Rochman, S.Pd dari SMP 2 Brangsong Kendal. Pada sesi ini terungkap bahwa banyak sekolah yang belum bisa melaksanakan kegiatan praktikum dengan berbagai alasan. Banyak faktor penyebab kegiatan praktikum tidak dilaksanakan di laboratorium. Akibat dari peralatan yang tidak dipakai dalam praktikum adalah banyak peralatan yang rusak walaupun belum terpakai. Dalam pembelajaran IPA, kegiatan praktikum merupakan kegiatan untuk mengungkapkan fakta atau konsep. Fakta maupun konsep tidak tepat jika hanya diajarkan dengan metode ceramah saja. Fakta dan konsep akan lebih mudah diingat ketika ditemukan oleh siswa sendiri melalui serangkaian percobaan yang dilaksanakan di laboratorium dengan metode ilmiah. Latar belakang guru IPA yang berasal dari 3 macam jurusan juga sering menjadi penyebab ketidakfahaman penggunaan atau tatacara praktikum. Misalnya guru dari jurusan Fisika mengalami kesulitan ketika melaksanakan praktikum biologi, begitu juga sebaliknya. Untuk itu pada kegiatan pemberdayaan ini, peserta pelatihan melaksanakan praktikum fisika menggunakan peralatan praktek yang berbentuk kit, yaitu kit listrik dan magnet. Setelah melaksanakan praktikum peserta juga mempresentasikan hasil percobaannya.

Sasaran dari pelatihan hari pertama ini, peserta diharapkan mampu melaksanakan pembelajaran dengan lebih baik, dan dapat menggunakan peralatan praktikum dengan baik.

Tentang mgmpipakendal

Wadah bergabungnya guru-guru IPA SMP se Kabupaten Kendal
Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s